Minggu, 12 Juni 2011


Lampu Hiasan
Asal         :        Eropa
Bahan      :        Kayu jenis tertentu,  bahan lampu, dan hisan-hiasan unik
Bentuk     :        memiliki bentuk yang seperti lampu hisan biasa tetapi unik, menarik dan juga berbentuk abstrak.
Deskripsi
Karya ini merupakan karya yang awalnya merupakan pengembangan ide dari lampu hiasan yang dibuat di wilayah tanah eropa. Karya ini  terbuat dari kayu khusus yang sesuai dengan yang di kehendaki oleh si pembuat yang digunakan sebagai batang dari lampu hiasan tersebut. Selain itu, bahan-bahan lampu yang lainnya di buat berbentuk lampu hisan biasa tetapi diberi hisan yang lebih menarik lagi agar dapat menarik perhatian seseorang. Adapun alat yang digunakan oleh pencipta karya ini yaitu alat-alat ukir yang di gunakan untuk mengukuir bagian batang pada lampu hiasan tersebut membentuk sesuatu yang menarik.. Dalam pembuatan karya ini, pembuat karya tersebut menggunakan tekhnik ukir dan adapun tekhnik ukir yang digunakan berbeda-beda sesuai dengan si penciptanya. Selain itu, adapun tekhnik yang digunakan untuk pembuatan karya tersebut yaitu menggunakan tekhnik  membentuk yang berbeda dengan pembentukan karya seni ukir yang lainnya. Dalam tekhnik pembentukan bagian batang lampu hiasan ini, si pembuatnya membentuknya mnyerupai hal-hal yang menarik seperti patung orang yang memiliki bentuk yang menarik dan unik di lihat. Selain itu, terdapat pula pembentukan bagian kepala pada lampu hiasan tersebut yang diberikan hiasan-hiasan yang dapat menambah kecantikan dan keunikan dari karya tersebut. Karya ini biasanya di buat dalam waktu tidak begitu lama, kira-kira dalam sehari dapat dibuat 3 sampai 8 lampu hiasan sesuai dengan sebanyak berapa pembuat karya tersebut dan selincah bagaimana si pembuatnya, dan sesuai pula dengan pesanan yang di kehendaki.
Analisis
Dalam pembuatan karya ini, yaitu lampu hisan yang memiliki bentuk yang menarik, si pembuatnya agak lebih mementingkan nilai artistiknya dibandingkan dengan nilai fungsinya, agar dapat menambah daya tarik bagi si penggemar karya lapu hias ini. Pada karya ini, mempunyai tekstur yang halus yang sesuai dengan bahan yang di gunakan yaitu jenis kayu yang begitu halus setelah di haluskan menggunakan amplas, kemudian di cat dengaan menggunakan bahan cat yang khusus untuk menambah kehalusan dari tekstur lampu hias tersebut. Namun, pada bagian tertentu terdapat pula tekstur yang kasar yaitu pada bagian kepala lampu hias tersebut. Pada bagian kepala lampu tersebut, diberi hiasan yang agak kasar agar dapat menambah keindahan dari karya tersebut. Karya ini juga memperlihatkan pada kita perpaduan warna yang sangat menarik. Si pembuat karya ini  dapat memberikan warna yang benar-benar sesuai dengan jenis kayu yang di pergunakan. Ia dapat memberikan warna asli dari jenis kayu yang dipergunakan dalam pembuatan bagian batang lampu hias ini dengan sangat baik sehinga terlihat bagitu cantik dan indah dilihat. Begitu pula dengan warna hiasan yang lainnya, yaitu dapat menambah kecantikan dari lampu hias tersebut.
Pada hasil karya ini, terdapat nilai-nilai dan fungsi, yaitu antara lain :
Ø  Nilai-nilai Karya
a)   Nilai Budaya
Karya ini memiliki nilai budaya, sebab karya ini merupakan sesuatu yang berupa hal yang di kehendaki oleh suatu daerah sesuai dengan budaya yang yang telah dimiliki.  Pada pembuatan karya ini sudah mulai terpencar keberbagai negara-negara lain, sehingga setiap negara yang membuat karya ini berbeda-beda cara pembuatannya sesuai dengan budaya yang telah dianut oleh setiap negara tersebut. Karya ini memiliki bentuk-bentuk yang berbeda-beda antara segala negara, setiap negara membuat karya ini dengan cara-cara yang tidaklah sama, melainkan menggunakan cara-cara yang lain lagi dan juga menggunakan cara-cara yang khusus dalam pembuatan karya ini. Setiap negara membuatnya sesuai dengan budaya-budaya yang ada didalam suatu negara. Karya ini dibuat berdasarkan budaya yang dimiliki oleh suatu wilayah atau daerah.
b)   Nilai Ekonomi
Selain itu, karya ini memiliki nilai ekonomi. Dalam pembuatan karya ini, si pembuat menciptakan karya ini dengan menggunakan bahan-bahan yang khusus, baik itu pada bagian batang dari lampu hias ini maupun hiasan-hiasan yang terdapat di dalamnya sesuai dengan kehendak dari si pembuat karya ini. Karya ini memiliki berbagai macam unsur yang berbeda-beda, sesuai dengan berbagai macam bahan yang dipergunakan dalam pembuatan karya ini. Olehnya itu, karya ini memiliki nilai ekonomi yang lumayan tinggi, sebab setiap bahan yang dipergunakaan dalam karya ini begitu menarik sesuai dengan bahan yang merupakan bahan yang lumayan sulit untuk didapatkan. Dan juga cara pembentukan lampu hias ini lumayan sulit, sehingga dapat menambah nilai ekonomi daro karya ini.
Ø   Fungsi Karya
Hasil karya ini memiliki fungsi dan tujuan, sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh setiap orang yang mempergunakan karya ini dan juga sesuai dengan kehendak dari setiap orang yang berada di setiap wilayah. Karya ini biasanya dipergunakan suatu masyarakat sebagai hiasan ataupun sebagai alat pembantu untuk penerangan di dalam rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar